Pendidikan Luar Sekolah untuk Anak, Pentingkah?

Selain belajar dan menuntut ilmu di sekolah formal, sekarang sudah banyak orang tua yang mengikutkan anak-anak mereka pada program pendidikan luar sekolah (PLS). Seperti namanya, pendidikan ini memang tidak berfokus pada pelajaran atau kegiatan tertentu layaknya di sekolah umum. Namun, umumnya masing-masing PLS punya visi yang ingin dicapai.

Ada banyak jenis dan macam pendidikan luar sekolah yang bisa kita jumpai di masyarakat, mulai dari yang berbasis agama sampai yang sifatnya pengembangan diri, antara lain:

Madrasah atau Taman Pendidikan Alquran

Madrasah adalah PLS jenis pertama yang paling mudah dijumpai di mana pun. Pendidikan jenis ini bahkan bisa ditemukan di kampung-kampung kecil. Madrasah punya fokus kegiatan seperti mengaji, menghafal ayat-ayat Alquran, dan kegiatan lain yang bertujuan memperbaiki akhlak si peserta didik.

Tempat Penitipan Anak

Sekarang sudah banyak jasa tempat penitipan anak (TPA) di kota besar maupun kecil yang memungkinkan para orang tua sibuk untuk menitipkan anak-anak mereka untuk sementara waktu (biasanya sejak pagi sampai sore saat jam bekerja).

Lembaga seperti ini sebetulnya tidak sebatas pada “tempat menitipkan anak” saja, ada beberapa goal yang ingin dicapai oleh si pendiri terkait dengan perkembangan anak-anak yang dititipkan. Oleh karena itu biasanya mereka punya program atau kelas khusus untuk anak-anak didiknya.

Kursus

Tidak hanya dewasa, anak-anak juga bisa mengikuti kelas atau kursus di bidang yang menjadi hobi atau minatnya, misalnya kursus membuat kue, kerajinan, dan yang lainnya. Lewat kegiatan seperti ini, tidak hanya kreativitas anak saja yang akan terasah, tapi juga kemampuan bersosialisasinya.

Secara singkat, pendidikan luar sekolah punya peran yang sangat penting dalam membantu perkembangan dan kreativitas anak. Selain ketiga poin di atas, PLS pun bisa diterapkan secara mandiri oleh orang tua kepada anak lewat media pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah Kartun Muslim. Selain mudah diaplikasikan, media seperti ini juga tidak membuat si kecil mudah bosan karena dilengkapi gambar yang berwarna-warni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *