Ini Tips Mudah Mengajarkan Anak Belajar Wudhu

Belajar agama Islam sudah menjadi kewajiban setiap muslim, yang harus dimulai sejak dini terutama salat dan wudhu. Namun, tidak sedikit orang tua yang kurang memahami cara mudah mengajarkan anak belajar salat, khususnya cara berwudhu. Masalahnya Anda tidak sekadar mengajarkan cara membersihkan diri pada anak, namun juga membuat anak tidak malas berwudhu saat waktu salat tiba.

Untuk pertama kali anak harus diberi pengertian tentang niat dan tata cara berwudhu. Dengan demikian mereka memahami alasan untuk berwudhu sebelum melakukan salat. Inilah tata cara berwudhu agar anak memahaminya dengan mudah.

1. Niat dan Tata Cara Wudhu

Pertama ajarkan cara berwudhu mulai dari membasuh kedua telapak tangan 3x sambil membaca basmalah. Lalu membersihkan mulut dan lubang hidung 3x., Setelah itu membasuh muka 3x, sambil mengucapkan doa niat berwudhu.

Bacaan doa niat wudhu:

“Nawaitul wuduu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa.”

Arti doa niat wudhu:

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata.”

Lalu dilanjutkan membasuh telinga kanan dan kiri. Setelah itu dilanjutkan dengan membasuh kedua tangan, mulai dari jari tangan hingga siku, termasuk kuku.

Dilanjutkan dengan mengusap kepala, sebagian kepala atas dekat ubun-ubun, lalu membasuh kedua kaki mulai dari ujung jari-jari kaki hingga mata kaki. Dan semua itu harus dilakukan secara berurutan.

2. Mengajarkan Doa setelah Wudhu

Saat waktu salat tiba, biasakan anak untuk segera berwudhu dan ajarkan doa setelah berwudhu:

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna mUhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya :“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Nah, itulah tata cara berwudhu yang bisa Anda ajarkan pada anak dan pastikan anak segera berwudhu saat waktu salat tiba. Bila anak masih saja kurang bisa berkonsentrasi, jangan khawatir saat ini Anda sudah bisa mendapatkan aplikasi Kartu Muslim tentang tata cara berwudhu bagi anak di Google Play atau Apple Store.

Lalu beli kartu Flashcard 3D dari situs web. www.kartumuslim.com. Setelah itu, buka aplikasinya dan Anda bisa mengarahkan smartphone pada kartu 3 D tersebut dan muncullah gambar 3D seorang yang sedang berwudhu! Selamat mencoba, dan lihat kemajuan belajar berwudhu anak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *