Ini Cara Baru Belajar Alquran yang Efektif bagi Anak

Sebagai orang tua tentu Anda menyadari, betapa pentingnya menanamkan pendidikan moral dan agama kepada anak-anak sejak usia dini. Pendidikan agama bahkan menjadi poin utama perhatian para orang tua. Keberhasilan studi anak tidak hanya dilihat dari nilai akademis, melainkan juga dari sisi pemahaman agamanya.

Apakah Anda masih kesulitan mengajar anak untuk memahami Alquran? Jangan sampai mereka pandai belajar membaca dan berhitung, namun kesulitan menghapal surat-surat pendek Alquran. Barangkali Anda sebagai orang tua, perlu mendapatkan pencerahan cara pembelajaran Alquran dengan cara yang lebih interaktif? Berikut beberapa solusi mudah mengajarkan anak mengaji sesuai usia anak Anda.

Anak Usia 0-2 Tahun

Anda bisa mulai memperkenalkan Alquran bagi anak sejak usia dini. Dengan belajar bersama orang tua, anda bisa memberikan anak usia dini kebebasan menangkap apa yang mereka dapatkan dari orang tua.

Anda pun bisa mulai mengenalkan dan menunjukkan bentuk huruf hijaiyah, baik menggunakan media buku atau dalam bentuk aplikasi. Saat ini sudah banyak teknologi digital yang menyediakan sarana pembelajaran Alquran dengan mudah dan cepat, yang bisa Anda manfaatkan.

Anak Usia 3-4 Tahun

Anak mulai bisa mempraktikkan apa yang di ajarkan orang tua tentang ayat-ayat pendek dari Alquran. Oleh karenanya mereka bisa belajar di TPA/TPQ di masjid. Dengan belajar di TPA/TPQ, anak bisa lebih disiplin dan lebih bersemangat belajar bersama guru dan teman-teman sebaya.

Selain itu untuk variasi agar anak tidak mudah bosan, Anda juga bisa menggunakan media aplikatif dalam belajar mengaji, misalnya MP3, VCD, dan bahkan game online di internet.

Anak Usia 5 Tahun ke Atas

Di usia ini guru mengaji bisa lebih berperan di dalam memantau perkembangan tingkat belajar mengaji anak, karena anak harus sudah bisa mengaji secara konsisten. Waktu belajar anak di usia ini pun sudah mulai lebih disiplin, dalam arti anak perlu membatasi waktu bermainnya. Penggunaan game online juga bisa diberikan untuk variasi pembelajaran Alquran.

Nah, saat ini sudah ada cara baru yang lebih interaktif, untuk memotivasi minat belajar anak semua usia untuk belajar Alquran. Anak-anak bisa belajar sambil bermain, dengan memanfaatkan gawai Anda seperti smartphone atau tablet. Anda bisa mengunjungi www.kartumuslim.com. Setelah itu Anda tinggal mengunduh aplikasi Kartu Muslim di Google Play atau Apple Store.

Dengan media animasi 3D yang menarik dari kartu tersebut, anak-anak bisa belajar Alquran dan ibadah lain dengan cara lebih variatif dan tidak membosankan. Apalagi anak-anak tidak bisa fokus dalam waktu lama. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *