Ini 5 Manfaat Penggunaan Game Pendidikan untuk Anak

Sekarang sudah banyak program pendidikan atau pembelajaran, khususnya untuk anak-anak, yang menggunakan media yang asyik dan menarik, seperti game. Selain dianggap lebih mampu merangsang minat belajar peserta didik, media seperti ini juga cukup efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan.

Nah, selain kedua hal itu, apa saja sih manfaat lain yang bisa diperoleh dari penggunaan game dalam dunia pendidikan?

Anak Lebih Aktif

Secara tidak langsung, bermain game akan menstimulasi perkembangan syaraf motorik kasar dan halus pada anak-anak, terutama anak usia 1 sampai 5 tahun yang masih belajar mengenal benda. Ketika kedua macam syaraf ini sudah terangsang dengan baik, anak akan menjadi lebih aktif bergerak.

Merangsang Kreativitas

Salah satu tujuan dibuatnya sebuah game adalah merangsang kreativitas si pemain. Nah, pembelajaran dengan menggunakan game pun punya manfaat yang sama, terutama dalam hal pemecahan masalah. Lewat game, anak akan diajak berpikir taktis apa cara yang paling efektif dan cerdas agar suatu persoalan bisa diselesaikan tanpa menunggu inisiatif orang lain.

Melatih Konsentrasi

Melatih konsentrasi bisa diajarkan sejak dini, salah satu caranya adalah dengan menggunakan media game. Lewat pemilihan permainan yang tepat, daya tangkap dan konsentrasi si kecil akan lebih maksimal.

Menyenangkan

Metode pengajaran yang konvensional dan itu-itu saja tentu akan membuat anak mudah bosan dan akhirnya mogok belajar. Nah, agar si kecil terus merasa semangat, gunakan media yang seru dan tidak biasa seperti game, lagu, atau flash card.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Beberapa game didesain khusus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa si anak. Lewat media seperti ini, belajar bahasa asing kini bukan lagi hal yang membosankan.

Salah satu media pembelajaran berbasis game pendidikan yang cocok diterapkan pada anak usia dini adalah Kartun Muslim. Selain dilengkapi dengan gambar warna-warni dan penjelasan yang sederhana, media ini juga mudah diaplikasikan baik di rumah, sekolah, atau taman bermain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *