Doa Harian Islam Terbaik untuk Anak Usia Dini

Dalam Islam, doa adalah hal yang sangat penting karena dari doa, segala aktivitas yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, doa harian Islam harus diajarkan kepada anak usia dini agar mereka terbiasa dengan ucapan dan maknanya. Saat anak tumbuh dewasa, mereka bisa mengamalkan doa dengan lebih baik.

Nah, karena yang diajarkan masih anak usia dini usia 3-4 tahun (bisa kurang dari itu), ambil doa harian Islam pilihan yang sesuai dengan aktivitasnya. Berikut beberapa doa yang bisa diajarkan.

1. Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Makan adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh anak setiap hari. Orang tua harus mampu mengejarkan doa sebelum dan sesudah makan kepada anak saat mereka mau menyantap hidangan. Misal saat menyuapi, orang tua membaca doa dan meminta anak untuk mengikutinya.
Cepat atau lambat, anak akan terbiasa dan akhirnya secara otomatis mengucapkan doa sebelum makan dan juga setelah makan.

2. Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

Setiap hari anak pasti tidur dan bangun untuk melakukan aktivitas harian. Saat anak akan tidur, orang tua bisa menemaninya selama beberapa saat. Sembari mendongeng tentang kisah para nabi, orang tua bisa mengucapkan doa sebelum tidur perlahan-lahan agar mudah diikuti oleh anak. Esok hari saat anak bangun, doa bangun tidur juga diajarkan dengan cara yang sama.

3. Doa kepada Orang Tua

Salah satu wujud bakti anak kepada orang tua adalah mau mendoakan mereka. Untuk itu, anak harus diajarkan untuk menghafal doa karena doa anak yang saleh bisa mengangkat derajat orang tua di akhirat.
Inilah dua doa yang harus dikuasai oleh anak-anak usia dini. Setelah menguasai doa di atas, orang tua bisa menambahnya dengan beberapa doa lain yang digunakan langsung pada kehidupan sehari-hari.

Kalau orang tua bingung cara mengajari anak doa harian Islam, mereka bisa menggunakan media belajar dan bermain seperti Kartu Muslim. Dengan menggunakan media ini, anak bisa belajar dengan mudah. Apalagi tampilan animasi 3D dan suara dari Kartu Muslim cukup menghibur.
Daripada anak banyak bermain game dan menyita waktunya, lebih baik memanfaatkan ponsel untuk bermain kartu dan aplikasi Kartu Muslim. Sudah seru, manfaatnya banyak.
Inilah beberapa doa harian Islam yang bisa diajarkan kepada anak usia dini. Semoga bisa dijadikan rujukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *